Cara Jitu Mengingat Rumus Matematika dan Fisika Tanpa Harus Menghapal- Rumus adalah salah satu hal yang seringkali menjadi kendala kita saat belajar matematika dan fisika. Kesulitan untuk mengingat rumus tentu akan membuat kita sulit mengerjakan soal ketika ujian, yang akhirnya berujung pada nilai matematika dan fisika yang jeblok. Tapi jangan khawatir karena berikut ini kami berikan cara jitu untuk mengigat rumus dengan lancar tanpa harus menghapal:

mengingat rumus matematika dan fisika

mengingat rumus matematika dan fisika

Baca juga artikel lain di : http://blog.dinamika.ac.id/arya/

Menempel Catatan Rumus Agar Sering Terlihat

Semakin sering melihat akan semakin sering diingat menjadi prinsip dari cara jitu untuk mengingat rumus matematika dan fisika. Menempel catatan berisi rumus-rumus matematika dan fisika di tempat strategis akan membuat kamu sering melihatnya dan akhirnya rumus itu akan diingat dengan sendirinya. Tempel rumus-rumus ini di tempat yang sering dikunjungi seperti kamar, ruang TV, atau ruangan lain di rumah yang sering Anda lewati atau tempati.

Menggunakan Istilah Atau Singkatan

Agar rumus matematika dan fisika lebih mudah diingat, penggunaan istilah atau singkatan-singkatan akan banyak membantu. Misalnya, dalam kita akan mengahapal rumus gaya dalam perlajaran fisika yang rumusnya F = m x a. Nah, kita bisa menggunakan istilah untuk menghapal rumus gaya tersebut seperti ‘MasPeRi’ (massa dan percepatan gravitasi).

Kita bisa menggunakan istilah-istilah lain yang mudah diingat sesuai kreativitas. Untuk lebih mempermudah mengingat rumus matematika dan fisika, kita dapat menggunakan nama binatang, biah-buahan, istilah gaul, dan lain-lain.

Mengingat Melalui Lagu Kreatif

Lagu menjadi salah satu media pengingat yang cukup efektif. Mengingat rumus akan lebih mungkin juga akan lebih mudah jika dibuat menjadi bentuk lagu yang kreatif sesuai gaya kita. Misalnya kita bisa menghapal rumus pitagoras dalam pelajaran matematika menggunakan lagu anak balonku, pelangi-pelangi, dan lain sebagainya.

Atau kita juga bisa menggunakan lagu lain yang sedang hits atau lagu favorit yang sering dinyanyikan. Dengan menyanyikan lagu ini dengan sering, rumus matematika dan fisika akan sering dinyanyikan dan diimgat dengan sendirinya.

Itu dia beberapa cara yang dapat diikuti untuk mengingat rumus matematika dan fisika yang mudah dan tanpa perlu menghapal. Kita dapat menggunakan salah satunya, atau ketiganya secara langsung agar rumus terus diingat.

Nah, satu lagi yang lerlu diingat bahwa cara mengingat tersebut tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan belajar dan latihan soal yang rutin. Tentu jika hanya ingat dan hapal saja tapi tidak bisa mengoperasikannya, semua cara itu akan percuma.

Oleh karena itu, kita perlu bimbingan belajar untuk memaksimalkan pelajaran yang kita hapalkan. Ruang guru menjadi salah satu solusi cerdas untuk belajar, karena disana selain diajarkan dan dibimbing untuk menguasai pelajaran kamu juga akan diberikan cara-cara dan tips yang bisa buat kamu pintar loh! Tunggu apalagi, cari informasi selengkapnya dan gabung di https://www.ruangguru.co.id/ sekarang!

« »