Baca juga artikel lain di : http://blog.dinamika.ac.id/arya/

Gangguan tidur adalah perubahan pola tidur yang tidak beratur yang bisa menyebabkan resiko masalah kesehatan serta mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari. Biasanya gangguan tidur adalah sering terbangun dimalam hari , tidak bisa tidur lagi dan terbangun saat subuh , Gejala gangguan tidur lainnya adalah sulit tidur , banyak bergerak saat tidur , dan mengantuk pada siang hari . Ada beberapa jenis gangguan tidur , gangguan tidur yang paling umum adalah Insomnia yaitu artinya kesulitan untuk tidur .

Ada beberapa gangguan tidur yang lainnya Sindrom kaki gelisah , sleep apnea yaitu pola napas tidak teratur saat tidur dan narkolepsi yang artinya bisa tidur kapan saja dan dimana saja , Pasti anda sering melihat di film yang ada tonton ada orang yang bisa tiba tiba sedang berjalan lalu tidur tiba tiba sedang mengobrol langsung tertidur nah itulah yang disebut dengan narkolepsi . Gangguan tidur narkolepsi ini sangat berbahaya loh karena seseorang tanpa sadar bisa tertidur di kapan dan dimana saja. Berikut adalah cara aman mengatasi gangguan tidur dilansir hellosehat :

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara aman mengatasi gangguan tidur dan tidak menyebabkan bahaya serius atau efek samping  . Musik membantu saraf anda agar rileks dan bersiap untuk tidur terutama untuk saraf parasimpatik yang dibuat rileks oleh musik , karena musik menyenangkan untuk didengar . Bahkan orang paruh baya atau lanjut usia lebih tenang ketika ingin mau tidur dengan mendengarkan musik daripada ketika mereka tidak mendengarkan musik . Cukup dengan 45 menit sebelum tidur orang paruh baya atau lanjut usia ini bisa tertidur lebih lama , lebih cepat dan hampir tidak terbangun pada malam hari .

Tentu dalam hal mendengarkan musik untuk mengatasi gangguan tidur anda perlu memilih lagu dan membuat playlist musik untuk lagu pengantar tidur amda pilihlah lagu seperti musik klasik atau jazz karena lagu yang lembut bisa menjadi pengantar tidur yang baik . Jika kalian bingung menentukan lagu atau genre untuk lagu pengantar tidur kalian dengarkan beberapa genre dan pilihlah beberapa lagu dan pilihlah yang ampuh membuat kalian tertidur pulas.

  1. Sleep Hygiene

Inilah cara aman selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur yaitu sleep hygiene yaitu kebiasaan tidur dan bangun dijam yang sama setiap hari ini bisa membuat menciptakan suasana kamar yang nyaman yang bisa mengurangi gangguan tidur selain itu juga meminimalisir paparan cahaya ketika mau tidur dengan cara mematikan lampu kamar mungkin karena dapat membantu otak dan tubuh untuk lebih terlelap ketika anda beristirahat serta yang juga tidak kalah penting kurangi mengonsumsi minuman yang berkafein karena itu biasanya akan membuat anda begadang semalaman dan jangan makan terlalu banyak sebelum tidur , sebaliknya ketika bangn tidur makanlah dengan pola makan yang lebih banyak .

  1. Akupresur

Yaitu teknik pijat yang dilakukan dengan cara menekan titik titik tertentu dalam tubuh . biasanya menekan beberapa titik menggunakan alat khusus yang terbuat dari kayu atau bisa juga dengan jari dan telapak tangan . Dengan cara ini akan melancarkan peredaran darah , sistem getah bening dan kinerja hormone membuat tubuh rileks dan sirkulasi tubuh lacar sehingga kulaitas tidur menjadi meningkat dan tidur menjadi lebih nyenyak .

Akupresur ini juga memiliki beberapa efek bagi tubuh anda seperti membuat tubuh yang tegang menjadi rileks , membuat otot dan sendi juga rileks , mengurangi kecemasan dan meredakan nyeri nyeri tubuh . jika cara ini susah dilakukan kalian bisa juga dengan cara menghirup aromaterapi atau mandi air hangat serta melakukan beberapa teknik pernapasan akan membantu mengatasi gangguan tidur .

Sumber gambar : hellosehat.com

«