Bagi kalian pencinta anime yang gemar nonton anime subtitle indonesia sudah tentu tidak asing dengan nama Makoto Shinkai, sutradara muda berbakat asal Jepang. Buktinya, film anime miliknya kerap bisa penghargaan.

Dalam masing-masing karyanya, ciri khas kisah Makoto Shinkai tentang cerita cinta yang tidak saling memiliki. Bukan buat galau, justeru mengajarkan kita guna melanjutkan hidup. Ditambah, berpadu visual dari tempat asli yang memanjakan mata.

Hingga ketika ini, Shinkai telah menciptakan enam film, tergolong Weathering with You yang tayang 21 Agustus 2019. Yuk, kepoin satu persatu!

1. The Place Promised in Our Early Days / Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho (2004)

Film anime ini pun jadi karya kesatu Shinkai duduk di bangku produser. Mengambil latar waktu sesudah Perang Dunia II, mengisahkan tiga anak muda yang penasaran pada Menara Ezo yang ternyata jadi senjata rahasia Uni Soviet.

Disajikan dengan alur maju-mundur, film ini menghadirkan plot twist tidak tersangka yang mengejutkan semua penonton. Enggak melulu menegangkan, namun juga buat mata berkaca-kaca.

Berkat kisah tersebut, film anime ini sukses meraih penghargaan pada ajang Mainichi Film Award 2004 kelompok “Film Animasi Terbaik”.

2. 5 Centimeters per Second (2007)

Bisa dibilang, film yang berjudul Jepang Byousoku 5 Cm ini populer salah satu karya Makoto Shinkai lainnya. Berpusat pada perjalanan cerita cinta Takaki Tono untuk teman masa kecilnya Akari Shinohara yang dipecah menjadi tiga babak mengenai perjalanan hidup keduanya.

Di samping visual yang indah, cerita cinta yang dihadirkan pun realistis. Bagaikan bunga sakura yang jatuh sejauh 5 cm masing-masing detik saat berguguran sebelum kesudahannya menghilang.

Berkat kisah nyesek yang dihadirkan, 5 Centimeters per Second dianugrahi piala “Film Animasi Panjang Terbaik” di Asia Pacific Screen Awards 2007. Nah, bikin kalian yang suka ending bahagia, mending hindari film ini, bila tidak hendak sedih berhari-hari.

3. Children Who Chase Lost Voices (2011)

Bercerita mengenai gadis muda mempunyai nama Asuna yang tidak jarang menyendiri bareng dengan kucingnya, Mimi, di atas bukit. Berada di atas bukit, Asuna memperhatikan suara dari misterius yang berasal dari kristal peninggalan dari sang ayah yang sudah meninggal dunia.

Film animasi ini menghadirkan pemandangan negeri rekaan Agartha yang estetis beserta elemen-elemen kecil yang mendetail. Sampai-sampai, semua penonton membandingkannya dengan karya Hayao Miyazaki dari Ghibli.
Menghadirkan kisah yang menghangatkan hati dan visual serupa Ghibli, film ini berjuang menyampaikan bahwa perpisahan akan muncul dalam masing-masing kehidupan dan anda harus merelakan kepergian orang-orang yang anda sayangi.

Karya Makoto Shinkai ini sukses mendapatkan enam nominasi pada sejumlah ajang berbeda. Salah satunya, penghargaan pada ajang Tokyo Anime Award 2012 untuk kelompok “Best Art Direction”.

4. The Garden of Words (2013)

Film anime dengan judul Jepang Kotonoha no Niwa ini menghadirkan sinematografi dan visual rinci pada masing-masing adegan. Bahkan pada mula cuplikan film berlangsung, ditunjukkan bagaimana latar belakang dalam film ikut bergerak.

Bercerita mengenai pertemuan Takao Akizuki, remaja berusia 15 tahun dengan seorang perempuan mempunyai nama Yukari Yukino tiap hujan. Sejak pertemuan tersebut, dua-duanya menjadi tidak jarang bertemu dan saling menginspirasi sampai terjadi cerita romansa.

Meskipun menghadirkan premis kisah yang sederhana, film anime ini tidak hanya buat hati hangat, tapi pun ngasih pesan lewat simbol dan potongan puisi singkat.

Film berdurasi 46 menit ini mendapat penghargaan dari Kobe Theatrical Film Award 2013, Fantasia International Film Festival 2013, dan Stuttgart Festival of Animated Film 2014.

5. Your Name (2016)

Karya Makoto Shinkai ini sempat mengejutkan semua penggemar anime di semua dunia pada 2016. Tidak melulu menampilkan visual yang estetis seperti film Shinkai lainnya, Your Name atau Kimi no Na Wa pun menghadirkan kisah tidak terduga untuk para penontonnya.

Bercerita mengenai cowok mempunyai nama Taki Tachibana yang bermukim di Tokyo dan cewek mempunyai nama Mitsuha Miyamizu yang bermukim di sebuah desa. Suatu hari kedua remaja tersebut merasakan kejadian mengherankan yang membuat dua-duanya saling bertukar tubuh saat mereka tertidur.

Berpadu dengan soundtrack yang dibawakan oleh band RADWIMPS, menjadikan Your Name menjadi di antara anime terbaik Makoto Shinkai banjir penghargaan. Sampai-sampai, masuk dalam submisi guna penghargaan Academy Award 2017.

Sebagai suatu film anime, Your Name bisa dinikmati oleh pemirsa umum yang bahkan tidak pernah menyaksikan anime.

6. Weathering With You (2019)

Weathering with You mengisahkan seorang siswa mempunyai nama Hodaka Morishima yang meninggalkan pulau asalnya guna pindah mengarah ke Tokyo. Dia bekerja sebagai seorang pengarang di majalah lokal yang mengabarkan mengenai fenomenal supernatural.

Hodaka mempunyai pengalaman mengherankan karena cuaca yang tidak jarang kali saja hujan dan engak pernah terang setiap terdapat dirinya. Hingga di suatu sudut kota, Hodaka bertemu dengan Hina, seorang gadis misterius yang memiliki keterampilan mengontrol cuaca.

Mengusung tema yang tidak jauh bertolak belakang dengan Your Name, film anime ini menghadirkan kisah fantasi dan drama remaja. Penasaran? Catat tanggalnya dari sekarang, ya.

Makoto Shinkai mulai dikenal oleh khalayak semenjak karyanya berjudul Voice of a Distant Star. Anime berdurasi 25 menit dengan bentuk full digital animation ini digarap Shinkai seorang diri, dan menjadikan karya itu menjadi titik mula dari karier Shinkai.

Nah, dari film anime Makoto Shinkai yang dilafalkan di atas, film mana yang menjadi kesayangan kalian? Berikan komentar kalian kolom bawah ya!

« »