Baru masuk kerja, gaji belum seberapa, tapi butuh pinjaman dana cepat untuk kebutuhan darurat? Jangan khawatir, dear first jobber. Sebab sekarang, ada Kredivo, aplikasi pinjaman dana cepat sekaligus kredit online, yang daftarnya mudah dan proses pencairannya cepat.

Kenapa mudah? Sebab, pendaftaran dan pengajuan pinjaman Kredivo dilakukan secara online. Selain itu, tepat digunakan oleh kamu yang masih bergaji UMR karena syarat minimum penghasilan untuk bisa daftar akun Kredivo hanya Rp 3 juta per bulan. Syarat tambahan yang perlu kamu penuhi juga: kamu wajib berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon dan Sukabumi.

Kalau sudah memenuhi syarat, lalu, bagaimana caranya daftar dan ajukan pinjaman dana cepat di Kredivo?

Pastikan kamu memiliki akun internet banking dan juga akun e-commerce yang aktif

Sebagai akses kredit digital, Kredivo menawarkan dua layanan kredit: pinjaman dana cepat dan cicilan barang online. Kedua layanan ini hanya tersedia bagi pengguna yang terdaftar sebagai akun Premium. Dan untuk mendaftar sebagai akun Premium, kamu wajib memiliki akun internet banking dan juga akun e-commerce yang aktif. Ketika mendaftar, kamu akan diminta menyambungkan akun internet banking-mu sebagai bukti penghasilan.

Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa akun yang kamu sambungkan merupakan rekening yang menjadi payroll atau tempat pemasukan. Kamu juga perlu memiliki akun e-commerce yang aktif, yang ada riwayat transaksi, serta alamat yang sesuai dengan domisili saat ini. Misalnya, akun Tokopedia, akun Lazada, dsb. Sebab, akun ini perlu disambungkan juga dalam proses pendaftaran akun Premium Kredivo, untuk memverifikasi domisili yang sesuai persyaratan.

Download aplikasi Kredivo dan daftar sebagai akun Premium

Pendaftaran Kredivo hanya dapat dilakukan melalui satu platform saja, yaitu aplikasi Kredivo yang dapat kamu download secara gratis di Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk iOS). Setelah download, pilih akun Premium. Selain bisa menikmati dua layanan kredit utama yang ditawarkan, dengan daftar sebagai akun Premium, kamu juga berkesempatan untuk mendapat limit yang lebih besar, maksimal hingga Rp 30 juta.

Tahapan pendaftaran akun Premium akan diinstruksikan dengan lengkap di aplikasi. Mulai dari mengupload foto KTP asli, berfoto selfie, mengisi form data diri, hingga menyambungkan akun internet banking dan e-commerce. Agar pendaftaran akunmu berpotensi besar untuk disetujui, pastikan kamu mengikuti instruksi pendaftaran dengan benar serta mengupload dokumen yang valid ya. Sebab, jika ditolak, kamu baru bisa mengajukan pendaftaran lagi tiga bulan setelahnya. Jangan sia-siakan kesempatanmu!

Ajukan jumlah pinjaman sesuai kebutuhan

Dalam waktu 1 x 24 jam setelah mendaftar, kamu akan menerima pemberitahuan seputar status pendaftaran akunmu. Jika disetujui, selamat! Artinya, kamu akan langsung menerima sejumlah limit dan bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan. Untuk pinjaman, kamu dapat langsung memanfaatkan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di bagian dasbor aplikasi Kredivo. Fitur inilah yang akan membantu kamu mencairkan limit menjadi pinjaman. Perlu diingat, bahwa Kredivo tidak bekerja sama dengan pihak mana pun untuk pencairan limit kecuali lewat fitur yang tersedia resmi di aplikasi. Kamu perlu berhati-hati terhadap penipuan. Jangan berikan akses login akun Kredivo-mu kepada siapa pun.

Pinjaman mini bisa digunakan untuk skala pinjaman yang kecil, mulai dari 500 ribu, dengan tenor pengembalian maksimal 30 hari. Sedangkan pinjaman jumbo, dapat kamu gunakan apabila pinjamannya di atas Rp 1 juta, dengan opsi tenor 3 hingga 6 bulan. Untuk pinjaman ataupun cicilan barang, Kredivo memberlakukan sistem bunga tetap hanya sebesar 2,95% per bulannya. Akan ada biaya administrasi pinjaman juga yang dipotong langsung dari total pinjaman sebesar 6%. Ketika menggunakan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo, kamu perlu mengisi form singkat seputar jumlah pinjaman, tujuan pinjaman, hingga nomor rekening. Pastikan nomor rekening yang kamu gunakan merupakan rekening atas nama pribadi yang sesuai dengan identitasmu di Kredivo ya. Sebab, kalau tidak, pengajuan pinjamanmu berpotensi besar untuk ditolak, lho.

Untuk cicilan barang, Kredivo bisa digunakan di lebih dari 250 marketplace hingga merchant offline ternama di Indonesia. Marketplace atau e-commerce yang populer misalnya ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Tiket.com, Berrybenka, JD.id, dan masih banyak lagi. Untuk merchant offline, pilihannya ada Erafone, Xiaomi Mi Store, Wakai, Keds, Gramedia, dsb.

Fasilitas cicilan dengan menggunakan Kredivo berlaku untuk minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta di merchant-merchant yang menjadi mitra. Tidak ada uang muka dan kamu bebas memilih tenor angsuran mulai 3, 6 atau 12 bulan, dengan suku bunga angsuran hanya 2,95% per bulan. Yang menarik, di aplikasi Kredivo sendiri tersedia berbagai fitur transaksi mulai dari pembelian pulsa, paket data, token PLN, pembayaran telepon pascabayar, BPJS, PDAM, hingga bisa beli tiket pesawat secara langsung.

« »