Program Java : Code Program Sederhana dan Pertama

Sebuah program java dapat di jalankan setelah dikompilasi menggunakan Java Development Kit(JDK) menjadi bytecode yang mengubah programjava.java menjadi programjava.class. Untuk menjalankan program java bytecode tersebut diperlukan Java Runtime Environment (JRE), dan secara bertaham dapat diilustrasikan pada gambar berikut :

Dari gambar tersebut secara bertahap untuk sebuah program java dimulai dengan menulis code program, kemudian disimpan dengan namafile ber-extension .java. Ingat-ingat harus disimpan dengan namafile penyimpanan ber-extension .java. Penentuan namafile juga harus sama dengan nama class utama program java dalam code program. Perhatikan contoh program dibawah.

public class pertama{
public static void main(String[] args){
   //isi program java
   }
}

Secara rinci penjelasan program pertama.java tersebut sebagai berikut :

  • public class pertama : nama class dari program tersebut, pada contoh program tersebut nama class adalah pertama, maka namafile untuk program tersebut harus disimpan dengan namafile pertama.java.
  • public static void main(String[] args){} : merupakan method utama program java, dan harus ada di setiap program java. Atau bisa dikatakan method ini adalah method minimal yang harus ditulis pada kode program java.
  • // isi program java : Tanda // akan menyebabkan baris kode program tidak dijalankan. Tanda // digunakan untuk menuliskan penjelasan dari kode program tersebut. Di baris ini isi program bisa ditulis dengan memperhatikan tata aturan penulisan kode program java, dengan catatan jika memang kode program jangan mengawali dengan tanda “//”.

Selanjutnya program java harus dikompilasi. Perintah untuk mengkompilasi program pertama.java tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

javac pertama.java

Hasil dari kompilasi perintah tersebut akan menghasilkan file bytecode program java dengan nama pertama.class. Dengan catatan proses kompilasi tidak menemukan kesalahan code program. Dari file java.class sudah dapat dijalankan menggunakan JRE sebagai berikut :

java pertama

Sebagai contoh, perhatikan kode program java berikut ini yang akan menampilkan pesan tulisan  ke layar “Selamat anda bisa membuat program java”.

 
public class kedua{ 
public static void main(String[] args){
   //isi kode program java
   System.out.print("Horeee...");
   System.out.print("Selamat anda bisa membuat program java");
   }  
} 

Untuk menampilkan pesan tulisan dilayar dapat digunakan perintah  kode program java System.out.print  atau dapat juga dengan perintah System.out.println.  System.out.print atau System.out.println memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama berfungsi untuk mencetak  karakter di Layar. Perbedaannya adalah kalau perintah System.out.print setelah mencetak, maka posisi kursor akan tepat berada disebelah karakter yang telah dicetak. Sedangkan pada perintah System.out.println, setelah mencetak, maka posisi kursor akan pindah ke baris baru, tepat dibawah karakter yang telah dicetak oleh perintah System.out.println sebelumnya. Silahkan di buktikan dengan program ketiga berikut :

 
public class ketiga{ 
public static void main(String[] args){ 
   //isi kode program java 
   System.out.println("Horeee..."); 
   System.out.println("Selamat anda bisa membuat program java");
   } 
} 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post Navigation