Permasalahan umum Antarmuka Pengguna

“Suatu aplikasi dapat berfungsi dengan baik ketika antarmuka yang tersedia dapat memandu dan mendukung pemakai aplikasi melalui alur kerja yang mudah dipahami”

Kemudahan dan user friendly antarmuka aplikasi dapat mempengaruhi kecepatan penggunaan aplikasi untuk mendukung tujuan di ciptakannya aplikasi tersebut. Antarmuka pengguna, tentu sudah didesain menurut tahapan dan standard yang baku, misalnya standard desain UI/IX, Desain antarmuka berbasis Lean UX, Desain antarmuka pengguna dengan metodologi desain sprint, dan lain sebagainya, namun sering kali masih di temukan beberapa kekurangan atau bisa dikatakatan kesalahan desain.  Beberapa kesalahan-kesalahan yang harus diperhatikan agar bisa dihindari antara lain:

  1. Kurangnya Feedback atau tidak tersedianya Feedback yang komunikatif.
  2. Antarmuka dalam satu aplikasi tidak konsisten antara satu dengan antarmuka yang lain
  3. Pesan kesalahan yang tidak memberikan panduan yang komunikatif dalam memberi informasi pengguna.
  4. Nilai standard inputan tidak ada, sehingga pengguna aplikasi harus menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan isian
  5. Ikon bisu, tanpa keterangan atau label sehingga tetap menyulitkan pengguna tentang fungsi dari tombol/ikon tersebut
  6. Ikon/menu/link yang sulit diakses, misalnya ukuran terlalu kecil, posisi peletakan yang terlalu menepi dan berhimpitan dengan lainnya.
  7. Window pop-up pengisian data yang menghalangi informasi yang menyebabkan pengguna harus geser window pop-up atau bahkan harus membuka menutup pop-up tersebut.
  8. Informasi-informasi yang tidak diperlukan muncul, misalnya data ditampilkan dari keseluruhan isi tabel, tanpa melakukan filter penampilan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  9. Kumpulan menu yang beragam. Sekumpulan menu dalam satu windows yang memiliki fungsi yang beragam, tidak spesifik terhadap suatu fungsi pada obyek tertentu.
  10. Peletakan instruksi kontradiksi yg berdekatan. Misalnya antara hapus dan simpan yang saling berdekatan, memungkinkan terjadi kesalahan dalam memilihnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation